Sosialisasi Pentingnya Sertifikat Kompetensi Bidang Geospasial Untuk Lulusan SMK/D3 di Sumatera Selatan

Muara Enim – Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Geospasial Regional Sumatera Selatan (Geosriwijaya Nusantara) berkesempatan berkunjung untuk melakukan sosialisasi tentang pentingnya sertifikat kompetensi pada beberapa SMK di Sumatera Selatan (20/07/2018). Adapun SMK yang dikunjungi diantaranya SMK 2 Muara Enim yang memiliki Prodi. Geomatika dan Geospasial serta SMK 1 Merapi Timur dan SMK 1 Bukit Asam yang memiliki Prodi. Geologi Pertambangan. Ternyata saat berdiskusi dengan pihak sekolah, belum ada lembaga sertifikasi yang pernah berkunjung, sehingga para lulusan dari SMK-SMK tersebut belum memiliki pendamping ijazah berupa sertifikat kompetensi.

Menurut salah satu guru d SMK 2 Muara Enim, Sumatera Selatan hanya memiliki satu Prodi. Geomatika dan Geospasial. Dengan demikian hal tersebut menjadi tugas besar bagi dunia pendidikan serta praktisi untuk bisa menyiapkan sumber daya yang berkualitas untuk memenuhi permintaan tenaga teknis terkhusus di Sumatera Selatan. Saat berkunjung, antusiasme tinggi dirasakan oleh perwakilan Geosriwijaya Nusantara, seperti dikutip dari pernyataan disampaikan oleh Dian (Wakepsek SMK 1 Merapi Timur) “Kami sangat berterima kasih karena telah dikunjungi oleh LSP Geospasial yang menawarkan kerjasama kepada sekolah kami tidak hanya melaksanakan uji kompetensi, tetapi siap membina siswa/i kami untuk menjadi professional yang handal”

Perlu adanya sinkronisasi antara dunia pendidikan dengan praktisi, dimana teori yang diajarkan oleh para guru-guru kepada siswa/i-nya apakah memang sesuai dengan praktek di lapangan. Praktisi juga perlu peduli dan terjun langsung untuk memberikan pehamanan yang bisa langsung diaplikasikan, sehingga siswa/i yang akan bekerja bisa menjadi tenaga teknis yang professional. Materi uji kompetensi yang diberikan oleh LSP Geospasial seperti terestris, sistem informasi geografis dan survei kewilayahan diharapkan bisa menjadi standarisasi mereka serta bukti kemampuan dalam bersaing didunia kerja nantinya. (Biro Media – GN).

Leave A Comment

Palembang, South Sumatra - INA
(8am - 05 pm)
X
WhatsApp chat