Cara Menampilkan Koordinat UTM di ArcGIS

Berbeda dengan koordinat Geografi dengan satuan unit derajat. UTM memiliki satuan unit length seperti meter, kilometer, mil, dll yang dibagi menjadi beberapa Zona. Sehingga untuk peta dengan ukuran tidak ‘raksasa’ akan lebih nyaman jika mengunakan UTM. Adapun langkah-langkah untuk membuat koordinat UTM:

  • Pertama buka data spatial seperti .shp atau .tif yang ingin dibuat koordinatnya dengan cara klik kanan dalam data frame dan pilih Add Data.
  • Setelah muncul seperti di bawah klik kanan pada Data Frame dan Pilih properties.

  • Maka akan muncul Data Frame Properties. Pilih Grid > New Grid lalu Measured Grid untuk Koordinat UTM (Graticule untuk Koordinat Geografi) lalu klik Next terus hingga Finish. Lalu kembali lagi ke properties.

  • Setelah masuk ke Properties akan pop-up References System Properties. Ada beberapa hal yang perlu disusaikan disini. Pertama pada tab ‘Intervals’ ubah units menjadi ‘Meters’ lalu X Axis dan Y Axis Interval adalah jarak antar Garis Koordinat. Kemudian pada tab ‘System’ centang ‘Use another coordinate system’ dan klik ‘Properties’ lalu klik ‘Projected Coordinate Systems’ > ‘UTM’ > ‘WGS 1984’ > ‘Southern Hemisphere’ > ‘Zone 50S’. (Disesuaikan dengan Zona Peta. Karena saya berada di Kalimantan Tengah maka saya pilih Zona 50S’.

  • Untuk tab ‘Labels’ berfungsi untuk mengatur ukuran angka Koordinat dan hal-hal yang berhubungan dengan editing Label Koordinat. Pada tab ‘Lines’ berfungsi untuk contumize tampilan garis penghubung Long-Lat. Dan untuk mengetahui zona berapa pada daerah kalian dapat memperhatikan Gambar dibawah ini.

  • Jika langkah-langkahnya sudah benar maka akan tampil koordinat UTM seperti gambar dibawah ini.

Leave A Comment

Palembang, South Sumatra - INA
(8am - 05 pm)
X
WhatsApp chat