Palembang – Geosriwijaya Nusantara mengadakan in-house training di PT. Pelabuhan Indonesia II Sumatera Selatan di Boom Baru yang berlangsung selama 2 (dua) hari (14/12/2019). Pelatihan yang diikuti oleh 4 (empat) orang perwakilan dari tim engineering Pelindo II berlangsung santai dan dinamik dengan instruktur-instruktur yang telah tersertifikasi dalam bidang Sistem Informasi Geospasial (SIG).

Permintaan pelatihan yang dilakukan bertujuan untuk melakukan transformasi aplikasi yang dipakai, dimana bisa memudahkan pekerjaan spasial. Fokus pelatihan yang dilakukan yaitu bisa mentransformasi sistem pekerjaan mereka yang awal mulanya menggunakan AutoCAD menjadi aplikasi yang sering digunakan oleh para tenaga ahli di bidang spasial seperti ArcGIS, QGis, MapInfo dll. Pelatihan yang dilakukan memfokuskan study case dari pekerjaan yang berkaitan dengan tata letak pelabuhan dan sistem transportasi laut yang telah berlangsung.

Dalam waktu 2 (dua) hari, tim engineering Pelindo II telah menyelesaikan modul hingga bisa membuat pekerjaan peta secara menyeluruh menggunakan software ArcGIS. Harapannya, dengan adanya pelatihan SIG Tingkat Dasar, dapat melakukan Integrasi data spasial di sektor pelabuhan untuk bisa mengimbangi kebutuhan Revolusi Industri 4.0. (Tim Media – GN)

WhatsApp chat