Pelatihan SIG Tingkat Dasar di SMKN 2 Dumai, Riau

Dumai – SMKN 2 Dumai yang bekerja sama dengan Geosriwijaya Nusantara telah melaksanakan Pelatihan Sistem Informasi Geografis (SIG) Tingkat Dasar yang berlangsung selama 3 (tiga) hari pada 11 – 13 April 2019. Peserta yang mengikuti kegiatan tersebut terdiri dari guru-guru dan siswa/i pada Jurusan Geomatika, Jurusan Teknik Bangunan dan, Jurusan Teknik Gambar yang berjumlah 17 orang. Pada sambutan yang diberikan oleh Kepala SMKN 2 Dumai saat pembukaan acara, ternyata pelatihan yang diselenggarakan di sekolah mereka, merupakan agenda pertama yang dilakukan berhubungan dengan SIG. Mengutip dari pernyataan Kepala SMKN 2 Dumai “SMKN 2 Dumai merupakan sekolah favorit di Kota Dumai dengan kejuruan berbasis teknologi, memiliki 13 jurusan yang jumlah siswa/i nya sebesar 1600an dengan total penerimaan sebanyak 600an siswa per tahun, kemudian jumlah guru-guru kami juga sangai memadai untuk melaksanakan belajar-mengajar yang berjumlah 150an orang”

Selain itu, David Yasis yang merupakan Ketua Jurusan Geomatika SMKN 2 Dumai sekaligus Ketua Pelaksana Pelatihan SIG Tingkat Dasar merasa sangat terbantu dengan adanya pelatihan perdana ini, karena sebelumnya guru-guru umumnya tidak memiliki kemampuan secara mendetail tentang pengolahan software informasi geografis. David menambahkan, bahkan guru-guru hanya sedikit yang memiliki latar belakang SIG, umumnya terdiri dari latar Pendidikan seperti Teknik Sipil, Teknik Bangunan dll. Materi ajar yang disampaikan oleh instruktur dari Geosriwijaya Nusantara berisi tentang pengetahuan: 1) Konsep dasar SIG; 2) Pengolahan dan Pemahaman Program SIG; 3) Analisis Data Spasial; 4) Kartografi dan Sistem Koordinat; 5) Pembuatan Peta Rupa Bumi Indonesia (RBI); 6) Pembuatan Peta Tematik dan; 7) Pemodelan dua dan tiga dimensi. Materi-materi yang disampaikan merupakan bagian dari kurikulum yang termuat didalam kompetensi pendidikan di Jurusan Geomatika.

Harapannya, dengan adanya pelatihan ini, bisa menjadi dasar para guru dan siswa/i untuk bisa mengembangkan kemampuan dasar yang dimiliki khususnya pada bidang Informasi Geospasial (Tim Media – GN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *