Palembang – Geosriwijaya Nusantara bekerjasama dengan LSP Geospasial, Binus University, & UIGM mengadakan Pelatihan WebGIS berbasis Leafleat Java Script (JS) (08/02/2019) di UIGM dengan narasumber yaitu Dr. Edy Irwansyah (Asesor LSP Geospasial) dan Ahmad Fauzi S.Pd (Tenaga Ahli Dinas Perhubungan Kab. Tanggerang). Peserta yang hadir terdiri dari dosen, staf akademik, dan mahasiswa dari Jur. Survei & Pemetaan serta PWK yang berjumlah 23 orang.

Kemudian pada esok harinya (09/02/2019) dilanjutkan dengan pelaksanaan Uji Kompetensi Sistem Informasi Geografis (SIG) Batch III yang berlangsung di Batiqa Hotel, Palembang. Sedangkan peserta yang hadir pada kegiatan kali ini berjumlah 13 orang yang terdiri dari staf dosen UIGM, mahasiswa/i, dan praktisi yang berada di Palembang dan sekitarnya. Adapun level uji yang berlangsung terdiri dari level 4 (operator), level 6 (analis), level 7 (ahli muda), dan level 8 (ahli madya).

Tahun 2019 merupakan tahun yang penting, dimana Sertifikat Kompetensi (SK) bukan hanya sekedar nilai tambah untuk bisa diakui kompetensinya di beberapa industri baik swasta, pemerintah ataupun BUMN, tetapi itu sebagai kewajiban bagi para tenaga ahli jika ingin melakukan kegiatan proyek, lelang, dll. Karena PP No.10 tahun 2018 tentang BNSP, tenaga ahli harus memiliki sertifikat kompetensi yang sesuai dengan pengalaman yang dimilikinya.

Saat ini, beberapa lembaga pemerintah seperti BIG, ATR/BPN, dan BNPB sangat membutuhkan beberapa tenaga ahli yang sertifikat kompetensi dalam melangsungkan proyek-proyek pemetaan, RTRW, RDTR, dan PTSL secara masif di Indonesia. Semoga dengan adanya kegiatan Uji Kompetensi dan Pelatihan WebGIS, bisa meningkatkan SDM khususnya di bidang GIS yang ada di Sumatera Selatan. (Tim Media  – GN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *