Palembang – LSP Geospasial Regional Sumatera Selatan telah melaksanakan kegiatan Uji Kompetensi pada bidang Sistem Informasi Geografis (SIG) yang berlangsung di Gedung Sekretariat IKA UNSRI (15/12/18). Uji Kompetensi yang berlangsung diikuti dari berbagai instansi dan pendidikan meliputi mahasiswa/i dari Universitas Sriwijaya, tenaga ahli konsultan, dan Aparat Sipil Negara (ASN) di Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Selatan.

LSP Geopasial merupakan lembaga resmi dibawah naungan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) yang terakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN). LSP Geospasial memliki izin untuk melaksanakan pelatihan dan uji kompetensi meliputi bidang terestris, SIG, kewilayahan, survei dan pemetaan, kartografi dan penginderaan jauh. Pada tahun 2019, sesuai dengan PP. No. 10 tahun 2018 tentang BNSP tenaga ahli diwaiibkan untuk memiliki bukti Surat Keterangan Ahli (SKA), hal tersebut juga selaras dengan PP No. 18 tahun 2016 tentang Perangkat Daerah pada Pasal 98 ayat 10 dan 11 yang menjelaskan bahwa Aparat Sipil Negara (ASN), wajib memiliki sertifikat kompetensi/keahlian. Kemudian dalam lingkup pendidikan juga Kemendikbud mengeluarkan peraturan yang sama yaitu Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 81 tahun 2014 tentang “Ijazah, Sertifikat Kompetensi, dan Sertifikat Profesi Pendidikan Tinggi” yang menjelaskan tentang pertingnya sertifikat kompetensi. Dengan demikian, dari berbagai lingkup pendidikan ataupun pekerjaan, setiap tenaga ahli amat dituntut untuk memiliki bukti keahlian yang dimiliki.

Kegiatan uji kompetensi yang berlangsung di Palembang terdiri dari 3 (tiga) tahapan uji yaitu: ujian tertulis, ujian praktek, dan wawancara dimana berlangsung dari pagi hingga sore hari. Para peserta diuji oleh orang yang ahli di bidang SIG yaitu Dr. Edy Irwansyah yang merupakan Dosen dari Binus University dalam School Computer and Science, beliau juga merukan Ahli GIS di DKI Jakarta dan banyak terlibat di projek pemerintah, BIG, dan swasta. Para peserta yang mengikuti ujian sangat konsentrasi dengan setiap sesi yang diberikan, harapannya dengan kegiatan ini di Sumatera Selatan. Bisa meningkatkan minat bagi para tenaga ahli untuk mempunyai bukti sertifikat kompetensi sesuai dengan bidangnya masing-masing (Tim Media – GN)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *